Tuesday, October 25, 2011

Makanan Berempah Kurangi Kolesterol

Para ilmuwan menyatakan bahwa mengonsumsi makanan kaya akan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis dapat melindungi Anda dari kerusakan fisik yang disebabkan oleh lemak dari makanan.
Dilansir dari laman Daily Mail, Jumat, 12 Agustus 2011, sebuah tim dari Penn State University menemukan campuran rempah-rempah antioksidan dalam makanan dapat mengurangi tingkatan lemak yang tertinggal di jantung.
 
Saat kita makan, tubuh akan membakar kalori karbohidrat sebagai energi dan mengubah sisa kalori menjadi trigliserida yang akan disimpan dalam sel lemak untuk digunakan kemudian.
 
Kepala penelitian Sheila West, berkata, "Normalnya, saat kita mengonsumsi makanan berlemak, meninggalkan kadar trigliserida, sejenis lemak, yang tinggi dalam darah." Jika hal ini sering terjadi dan kadar trigliserida terlalu tinggi akibatnya resiko penyakit jantung pun meningkat.
 
"Kami menemukan bahwa menambahkan rempah-rempah pada makanan akan mengurangi kadar trigliserida sekitar 30 persen," katanya.
 
Profesor West dan rekan-rekannya menyiapkan makanan pada hari yang berbeda untuk 6 pria dengan usia antara 30 dan 65 yang berlebihan berat badan, tapi sehat.
 
"Untuk makanan berbumbu, kami gunakan rosemary, oregano, kayu manis, kunyit, lada hitam, cengkeh, bawang putih bubuk dan paprika," kata seorang anggota tim Ann Skulas-Ray yang menambahkan 2 sendok rempah dalam setiap makanan.
 
Ketika makanan berisi campuran rempah-rempah, aktivitas antioksidan meningkat sekitar 13 persen dan respon insulin menurun sekitar 20 persen. Tingkat insulin yang tinggi dapat menjadi racun di kemudian hari dan menyebabkan penumpukan plak di arteri.
 
"Antioksidan yang ada pada rempah-rempah menjadi penting untuk mengurangi tingkat racun dalam tubuh, termasuk memperkecil resiko penyakit kronis," ungkap Prof. West.

No comments:

Post a Comment