Saturday, October 1, 2011

Khasiat Jarak, Tebu dan Pandan

Jarak (Jatropha curcas) dikenal sebagai salah satu penghasil biodiesel. Kandungan minyak dalam jarak dapat menggantikan bahan bakar fosil yang selama ini masih dipakai. Di sisi lain, jarak juga penting bagi kesehatan. Terutama dalam mencegah dan mengobati kanker. Tambahan informasi, jarak pagar justru baik ditanam di tanah kering dan relatif tidak diolah.

Kandungan:
* buah
- glikosida
- tanin
- pitosterol
- flavonoid
- steroid sapogenin

* daun
- apigenin
- vitexin
- isovitexin

Khasiat:
Secara tradisional getah jarak dipakai untuk obat sakit gigi. Kecuali itu, jarak pagar juga digunakan untuk obat malaria, rematik, dan nyeri otot. Sedangkan akar jarak dapat digunakan sebagai penawar racun ular.



Tebu


Tebu (Saccharum Officanarum L) biasa digunakan sebagai gula putih. Namun tidak semua bagian tebu bisa dimanfaatkan sebagai kristal gula. Sebab tebu tidak dapat diekstrak semuanya, maka terbuatlah produk sampingan yang manis, disebut molasses. Produk ini biasanya diolah lebih lanjut menjadi pakan ternak atau ke industri penyulingan untuk dibuat alkohol.

Kandungan:
- Vitamin B2
- Sacharum officinarum

Khasiat:
* Daun
- menyembuhkan demam

* Sari tetes tebu dipercaya sebagai obat:
- anti diabetes
- meredakan batuk
- meredakan panas tinggi
- menyembuhkan pegal linu
- mengatasi kerusakan gigi



Pandan


Pandan (Pandanus amaryllifolius) biasa dipakai untuk memberi aroma wangi pada makanan. Selain itu juga sebagai pewarna hijau alami. Fungsi pandan ternyata tak sebatas itu, pandan juga bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Kandungan:
- alkoida
- flavonoida
- tanin
- plifenol
- saponin

Khasiat:
Daun pandan wangi dapat membunuh larva nyamuk aedes aegypti.


Serai

Terkadang serai (Cymbopogon nardus) dipakai sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini memiliki aroma dan rasa khas, pedas dan menyengat. Tumbuhan liar yang bisa dibudidayakan ini bermanfaat bagi kesehatan, terutama kandungan minyak atsiri yang dimilikinya.

Kandungan:
- mintak atsiri
- citronnelal
- geraniol
- sitral
- eugenol
- kadine
- kadinol

Khasiat:
Serai secara tradisional dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan gejala, antara lain:
- nyeri
- batuk
- kelelahan.






No comments:

Post a Comment