Thursday, September 22, 2011

Manfaat Anyelir, Anggrek Bongko, Amis Amisan

Anyelir


Anyelir (Dianthus superbus L.) dikenal sebagai tanaman hias. Selain itu juga untuk dirangkai sebagai karangan bunga. Fungsi lain, anyelir berguna bagi kesehatan. Pengobatan tradisional Tiongkok memanfaatkan bunga ini untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, wasir dan kencing batu.

Kandungan:
- Saponin

Khasiat:
Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, anyelir digunakan sebagai obat untuk penyakit:
- infeksi salurah kemih
- kencing batu
- sembelit

Sedangkan untuk obat luar, anyelir digunakan untuk mengobati radang kulit dan pembengkakan. 



Anggrek Bongko


Anggrek Bongko (Pholidota chinensis lindl) pada mulanya adalah tanaman liar. Namun kini, tanaman ini dikembangbiakkan sebagai tanaman hias. Menurut Orchid Species Society, tanaman ini menyebar di Cina, Myanmar, dan Vietnam. Meski demikian, tanaman ini juga tumbuh di hutan Indonesia. Selain sebagai tanaman hias, anggrek bongko juga bermanfaat bagi kesehatan.

Khasiat:
Penelitian di Departemen Pharmacognosy, College of Pharmacy, Nihon University China menunjukan bahwa ekstrak anggrek bongkok dapat menghambat produksi NO (Nitric Oxide).

Menurut penelitian Sri Maryani Sutadi dari Universitas Sumatera Utara, peningkatan kadar NO juga mempunyai kolerasi yang signifikan dengan kadar endotoksin yang terdapat pada sirosis. Oleh karena itu, fungsi ekstrak anggrek bongkok dapat menghambat penyakit sirosis hati.



Amis Amisan


Amis-amisan (Houttuynia cordata thunb) dalan pengobatan tradisional Tiongkok digunakan sebagai bahan jamu. Sedangkan tunas yang muda dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Sesuai namanya, tumbuhan ini memiliki ciri khas berbau amis. Tanaman ini tersebar di Asia Tenggara, Asia Timur dan sebagian wilayah Asia Selatan.

Kandungan:
- bencamide
- flavonoid
- quercitrin

Sifat:
- antivirus
- antijamur
- antimikroba

Khasiat:
Department of Medical Sciences, Thailand mengemukakan bahwa amis-amisan (Phlu Kao, dalam bahasa Thailand) bisa menjadi bahan obat untuk:
- meningkatkan sistem kekebalan tubuh
- menghambat pertumbuhan kanker
- tekanan darah rendah
- wasir
- sembelit

No comments:

Post a Comment