Monday, September 9, 2013

Studi: Seledri Bisa Diandalkan untuk Atasi Kanker Pankreas

Seledri mungkin rasanya hambar, namun sayuran yang satu ini bisa melawan salah satu jenis kanker yang paling agresif yakni kanker pankreas. Sebuah studi mengungkap jika seledri dikonsumsi dengan oregano, maka tubuh akan terpapar zat pembunuh sel kanker.

Berdasar penelitian yang dipimpin Profesor Elvira de Mejia, jika seseorang banyak makan sayuran sepanjang hidup, maka tubuhnya akan banyak terpapar flavonoid bioaktif. Inilah yang membantu mengurangi risiko kanker. Demikian dikutip dari Mirror, Senin (19/8/2013).

Seledri adalah sayuran yang kaya apigenin dan luteolin, flavonoid yang mampu melenyapkan sel yang sakit. Dalam penelitiannya, para peneliti meningkatkan kandungan zat ini hingga 5 kali lipat dan ternyata mampu merusak sel-sel kanker.

Sementara itu Profesor de Mejia, dari University of Illinois di Amerika Serikat, mengatakan orang-orang yang sudah terkena kanker tidak akan sembuh hanya dengan mengonsumsi makanan kaya flavonoid saja. Pasien kanker tetap membutuhkan obat dokter untuk mengatasinya.

Sedangkan Dr Jodee Johnson yang juga terlobat dalam penelitian, mengatakan, "Tujuannya adalah untuk mengembangkan obat, namun memperpanjang hidup pasien bisa menjadi perkembangan yang signifikan."

Penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Nutrition dan Food Research itu juga memperingatkan bahwa flavonoid bisa menghilangkan manfaat dari obat kemoterapi jika digunakan pada waktu yang sama. "Caranya tampaknya dengan menggunakan flavonoid sebagai pra-pengobatan," kata Johnson.

No comments:

Post a Comment