Wednesday, November 9, 2011

Manfaat Kacang Tanah

Jenis camilan renyah gurih ini banyak dijumpai saat Lebaran.Rasanya gurih renyah. Sangat asyik dimakan sambil ngobrol. Kacang ini mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang dahsyat buat tubuh.

Hari raya Idul Fitri sudah dalam hitungan hari, tak lengkap rasanya bila kacang tidak hadir sebagai suguhan. Bentuk yang mungil, mudah digenggam, dan rasanya yang gurih dan manis.Karena itu kacang sangat cocok dijadikan cemilan sehat yang mengasyikkan.

Ada beberapa kandungan nutrisi kacang yang bermanfaat baik buat tubuh.

Antioksidan tinggi
Semua jenis kacang, memiliki kandungan polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric yang bisa meningkatkan kadar asam p-coumaric. Zat ini secara langsung meningkatkan kadar antioksidan menjadi 22%. Antioksidan di dalam kacang yang disangrai sama dengan antioksidan di dalam strawberry dan blueberry, bahkan melebihi apel, wortel, dan bit.

Lemak Tak Jenuh Tunggal
Kacang tanpa rasa asin baik untuk pembuluh darah arteri. Satu seperempat cangkir kacang tanah, mengandung lemak tak jenuh tunggal sama dengan satu sendok makan minyak zaitun. Lemak tak jenuh tunggalnya sangat baik untuk tubuh karena dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan Niacin 
Kandungan Niacin pada kacang terbilang tinggi sehingga dapat membantu pemulihan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer dan masalah yang berkaitan dengan usia.

Vitamin E
Kacang merupakan sumber vitamin E yang sudah dikenal sejak dulu. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang potensial untuk mencegah timbulnya kanker dan penyakit pada kardiovaskular.

Zat Besi
Selain enak kacang juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk produksi sel darah merah dalam tubuh.

Kalsium
Kalsium dalam kacang bisa membantu memeilihara pertumbuhan masa tulang menjadi lebih kuat. Jika tak suka dengan susu, Anda bisa menggantinya dengan makan segenggam kacang.

Bioflavonoid 
Di dalam kacang terkandung resveratrol bioflavonoid yang cukup tinggi. Bioflavonoid ini membantu meningkatkan aliran darah di otak sebanyak 30%, sehingga mengurangi resiko terkena stroke. Dengan mengkonsumsi kacang setiap hari dapat mengurangi kolesterol jahat hingga 14%.

Serat 
Kacang juga mengandung serat yang membantu tubuh terhindar dari resiko kanker usus besar. Juga membantu mempercepat pertumbuhan hormon pria dan wanita.

No comments:

Post a Comment