Thursday, August 22, 2013

Manfaat Kacang Tanah, Tapak Dara dan Serai

Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) dimanfaatkan bijinya sebagai bahan makanan. Kacang tanah sering dianggap sebagai penyebab jerawat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Namun penelitian justru menyatakan sebaliknya, kacang tanah bukan pemicu jerawat.

Kandungan:
- lemak
- kalori
- karbohidrat
- vitamin
- protein
- mineral

Khasiat:
Kacang tanah secara tradisional dapat digunakan sebagai obat:
- sakit sendi
- pencahar



Tapak Dara

Tapak Dara (Catharanthus roseus (L.)) ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih atau merah muda.

Perlu diketahui bahwa tanaman ini berasal dari Madagaskar. Penyebarannya ke Indonesia belum diketahui. Tapi yang jelas, pengobatan tradisional Tiongkok memanfaatkan bunga ini untuk mengobati diabetes, malaria, atau leukimia.

Kandungan:
- alkaloid
- flavonoid

Khasiat:
Menurut beberapa sumber mengatakan bahwa tapak dara dapat mengobati leukimia, diabetes, dan malaria. Meski demikian belum ada penelitian medis yang membuktikan hal ini.



Serai 

Terkadang serai (Cymbopogon nardus) dipakai sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini memiliki aroma dan rasa khas, pedas dan menyengat. Tumbuhan liar yang bisa dibudidayakan ini bermanfaat bagi kesehatan, terutama kandungan minyak atsiri yang dimilikinya.

Kandungan:
- mintak atsiri
- citronnelal
- geraniol
- sitral
- eugenol
- kadine
- kadinol

Khasiat:
Serai secara tradisional dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan gejala, antara lain:
- nyeri
- batuk
- kelelahan.

No comments:

Post a Comment